Senin, 20 Februari 2012

makanan khas sunda


Bagi orang sunda asli atau keturunan sunda dan sudah terbiasa dari kecil untuk menikmatimasakan sunda.tentu tidak asing lagi dengan berbagai macam variasi masakan khas sunda. namun bagi yang bukan asli sunda  hanya keturnan sunda seperti saya:) bisa jadi ada masakan sunda yang tidak di ketahui.berbekal cari-cari dari internet.akhirnya dapat jua neh, masakan khas sunda yang terkenal dengan lalap lalapannya. apakah Makanan khas sundaIndentik dengan lalapan?bisa jadi iya:)
masakan khas sunda

Kuliner sunda

Apakah Anda Sama sekali belum pernah mencoba hidangan masakan khas sunda jawa barat? Kalau Anda sedang berada di bandung atau daerah jawa barat lainnya, rasanya tak lengkap  jika tidak makanan khas sunda dari Jawa barat.Banyak varian masakan yang bisadi cicipi dengan rasa yang luar biasa. bisa membuat ketagihan. apalagi Anda adalah penikmat kuliner.Masakan khas Sunda bisa me njadi tantangan tersendiri.
Berikut daftar masakan khas sunda yang sudah terkenal:
Nasi Timbel Makanan Khas Sunda Jawa Barat
Nasi timbel,temennya sambel terasi, tempe dan daging ayam di tambah lalapan timun, daun kemangi apalagi di tambah petai (peteui, basa sunda na) di jamin Anda akan ketagihan. Di makan bersama keluarga dan di temani udara yang cerah:)
nasi timbel
Sega Lengko
Pertaman mencicipi nasi lengko ketika kuliah di bandung, walaupun nasi lengko ini berasal dari cirebon. Nasi dengan bumbu kacang itu kesan pertama yang terlihat:)Nasi lengko ini bisa di jumpai dan merupakan makanan khas masyarakat pantai utara seperti Cirebon. Walaupun terlihat sederhana makanan khas ini sarat dengan protein dan serat juga makanan rendah kalori, karena bahan-bahan untuk membuat nasi lengko adalah 100% non-hewani. Bahan-bahannya untuk membaut nasi lengko ini antara lain: nasi putih ( lebih nikmat kalau masih panas atau hangat), tahu goreng, tempe goreng, mentimun untuk lalap, tauge yang sudah direbus, daun kucai (dipotong kecil-kecil), taburan bawang goreng, serta bumbu kacang (seperti bumbu rujak) dan kecap manis. Pada umumnya kecap manis yang sering dipergunakan adalah kecap manis encer, bukan yang kecap manis kental yang isiramkan ke atas semua bahan.
nasi lengko
Karedok
Makanan karedok atau keredok adalah juga merupakan makanan khas sunda jawa barat. Secara umum gambaran keredok menggunakan bahan-bahan mentah(tidak di masak) di tambah dengan bumbu kacang.Bedanya dengan gado-gado adalah gado-gado di masak bahan bakunya, sedang keredok tidak. Sensasi ketika memakan adalah rasa segar dari bahan baku nya:)
Makanan karedok ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan diantaranya adalah ketimun, ada tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi, serta terong. Sedangkan untuk bahan sausnya dibuat dari bahan cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi. maknyos di makan ketika makan siang bersama keluarga
Ladu
Untuk Ladu, saya belum pernah cicipi. jadi penasaran dengan makanan khas sunda ini.Makanan atau jajanan Ladu ini merupakan suatu penganan yang terbuat dari ketan. Makanan tradisional ini yang berasal dari daerah Malangbong, Garut, Jawa Barat. Untuk pembuatan Ladu, bahan dasarnya terbuat dari tepung ketan putih sangrai, kemudian gula putih, gula aren merah, serta kelapa yang telah diparut.
Lotek
Saya menilai lotek sama dengan gado-gado, bahan baku di rebus. pertama kali mencicpi ketika kuliah di bandung:)
Makanan Lotek ini hampir mirip dengan pecel, yaitu jenis makanan dari beberapa sayuran yang sudah direbus kemudian disiram dengan menggunakan sambal dari bumbu bumbu kacang. Yang menjadi keunikan dari makanan ini yaitu bahan untuk sambalnya di samping kacang seringkali juga ditambahkan pakai tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih. Pada umumnya makanan lotek ini terasa sedikit lebih manis jika di bandingkan dengan pecel. Disamping itu kalau sambal pecel bumbunya sudah dicampur sebelumnya, sedangkan untuk lotek bumbu baru ditambahkan jika makanan akan dihidangkan. Makanan Lotek ini dapat disajikan dengan pakai lontong atau bisa juga pake nasi hangat, disertai dengan kerupuk dan taburan bawang goreng.
Nama nama makanan khas sunda lainnya
Batagor, Bakso Kocok, Serabi, Combro, Misro, Serabi Oncom, Peuyeum, Cireng, Combro, Gepuk, Ambokueh, Colenak, Bala-bala, Bandrek, Bajigur, Tahu Sumedang, Dodol Garut, Sega Jamblang, Soto Bandung,Tahu Gejrot, dll.
Makanan asli sunda, jajanan sunda jawa barat, kuliner sunda jawa barat, makanan tradisional sunda jawa barat, kuliner jawa barat,
makan khas sunda, masakan khas jawa barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar